LATIHAN SOAL SEJARAH INDO KSL 10

SEJARAH INDONESIA KELAS 10 MIA,IPS DAN BAHASA 1. Seni patung kurang dapat berkembang pada masa masuknya pengaruh Islam. Hal ini disebabkan Nabi melalui salah satu hadisnya melarang . . . .\ A. Penggambaran makhluk hidup\ B. Penggunaan model manusia\ C. Pematungan manusia\ D. Pematungan Hewan\ E. Pemahatan diatas batu\ 2. Umumnya masjid-masjid kuno di berbagai tempat di Indonesia menggunakan atap berbentuk bangunan dari masa Hindu-Buddha. Bentuk bangun tersebut adalah....\ A. Kubah\ B. Menara\ C. Meru\ D. Kubus\ E. Runcing\ 3. Contoh bentuk hasil akulturasi budaya peninggalan masa Hindu-Budha di Indonesia dalam bidang seni ukir dan pahat adalah …\ A. Relief pada candi\ B. Punden berundak\ C. Sarkofagus\ D. Kubur batu\ E. Kaligrafi\ 4. Ketika Kerajaan Samudra Pasai mengalami kemunduran dalam bidang politik, akan tetapi Samudra Pasai mengalami kemajuan dalam bidang ....\ A. Sosial\ B. Budaya\ C. Keilmuan islam\ D. Ajaran Hindu-Budha\ E. Ajaran kepercayaan\ 5. Kerajaan Malaka mengalami kemajuan dalam bidang keilmuan Islam, hal itu menjadikan banyak negara-negara yang ingin menuntut ilmu ke Malaka. Ulama-ulama mencanegara banyak yang datang ke Malaka salah satunya adalah ....\ A. Radan patah\ B. Radan hasan\ C. Sunan gunung jati\ D. Sunan Bonang\ E. Sunan ampel\ 6. Hubungan antara kerajaan Islam, misalnya Samudra Pasai, Malaka, dan Aceh sangat bermakna dalam budaya dan keagamaan. Ketiga kerajaan tersohor itu mempunyai sebutan sebagai ....\ A. Mekah nusantara\ B. Serambi Mekah\ C. Negara Islam\ D. Kesatuan Islam\ E. Kerajaan Islam Nusantara\ 7. “Pendidikan agama cukup menonjol ketika Belanda datang untuk pertama kalinya pada 1596 dan menyasikan bahwa orang-orang Banten memiliki guru-guru yang berasal dari Mekkah”. Kalimat tersebut di lontar oleh ....\ A. Syeh Abdul Muhyi\ B. Syeh Yusuf \ C. Abdul Rauf\ D. Syeh Burhanuddin\ E. Martin Van Bruinessan\ 8. Banyak Sultan Palembang yang mendorong perkembangan intelektual keagamaan, seperti Sultan Ahmad Najamuddin I dan Sultan Muhammad Bahauddin. Pada masa pemerintahan mereka, telah muncul banyak ilmuan asal Palembang yang produktif melahirkan karya-karya ilmiah keagamaan yaitu ....\ A. Ilmu tauhid, ilmu kalam, tasawuf, tarekat,tarik dan al-quran\ B. Ilmu tauhid, ilmu kalam, ilmu fiqih, ilmu kesucian\ C. Ilmu kalam, ilmu fiqih, ilmu falak dan ilmu beladiri\ D. Ilmu kalam, ilmu fiqih, ilmu tasawuf dan ilmu batin\ E. Ilmu fiqih, ilmu falak, ilmu tasawuf dan ilmu al-quran\ 9. Berkembangnya pendidikan dan pengajaraan islam, telah berhasil menyatukan wilayah Nusantara yang sangat luas. Dua hal yang mempercepat proses tersebut ....\ A. Budaya dan seni\ B. Aksara arab dan bahasa melayu\ C. Bahasa dan ulama\ D. Pedagang dan ulama\ E. Aksara arab dan pedagang\ 10. Dalam seni bangunan di zaman perkembangan Islam, nampak ada perpaduan antara unsur islam dengan kebudayaan praislam yang telah ada. Seni bangunan islam yang menonjol adalah ....\ A. Musolah\ B. Majlis\ C. Masjid\ D. Kuba\ E. Menara\ 11. Tradisi unsur kepercayaan pada ruh-ruh nenek moyang yang sebenarnya sudah dikenal dalam pengejawantahan pendirian punden-punden berundak Megalitikum. Tradisi tersebut dilanjutkan pada masa kebudayaan indonesia Hindu-Budha yang diwujudkan dalam bentuk bangunan-bangunan ....\ A. Arca\ B. Artepak\ C. Tugu\ D. Candi\ E. Batu\ 12. Beberpa kelompok masyarakat di Indonesia memiliki tradisi tidak membuat nisan pada kuburan. Sebagai ganti nisan, ditempat penguburan ditandai dengan pohon atau tonggak. Hal itu mereka lakukan dalam rangka ....\ A. Mengikuti tradisi lokal\ B. Menghormati orang yang meninggal\ C. Memudahkan pengurusan makam\ D. Mengikuti syariat islam\ E. Menghilangkan warisan pra sejarah\ 13. Penggunaan sesajen dan bunga dalam tradisi ziarah merupakan bentuk alkulturasi antara ....\ A. Islam dan tradisi lokal\ B. Tradisi lokal dan Hindu\ C. Tradisi Hindu dan Budha\ D. Tradisi Budha dan budaya lokal\ E. Islam dan Hindu-Budha\ 14. Ciri khas bangunan masjid peninggalan sejarah Islam di jawa yang beralkulturasi dengan kebudayaan lokal adalah ....\ A. Sebagaian besar menggunakan kubah\ B. Atapnya tersusun ke atas semakin besar\ C. Beratap tumpang dan berlapis tiga atau lima\ D. Bangunan utama terbuat dari batu atau semen\ E. Letaknya berjauhan dari kompleks istana atau alun-alun\ 15. Masjid Kudus yang dilengkapi dengan manara merupakan perpaduan antara pengaruh budaya Islam dan Hindu. Hal ini mengandung fakta bahwa ....\ A. Bangunan Hindu lebih indah dari pada bangunan Islam\ B. Pengaruh Hindu dalam masyarakat lebih kuat dari pada pengaruh Islam\ C. Ajaran Islam sama dengan ajaran Hindu\ D. Islam berkembang dengan cara damai\ E. Masjid Kudus merupakan tempat berkumpulkanya ulama\ 16. Perhatikan gaya bangunan dibawah ini! 1) Atap tumpang 2) Gerbang terbelah 3) Memolo 4) Relief 5) Serambi 6) Mihrab Unsur pra-Islam yang masih dipakai pada gaya bangunan bercorak Islam ditunjukan nomor ....\ A. 1),2), dan 3)\ B. 2),3), dan 4)\ C. 2),4), dan 6)\ D. 3),4), dan 5)\ E. 4),5), dan 6)\ 17. Penggunaan kaligrafi dalam ragam hias bangunan berupa ....\ A. Tumbuhan\ B. Gambar simbol-simbol\ C. Makhluk hidup selain manusia\ D. Kalimat-kalimat suci seperti syahadat atau selawat\ E. Gambar-gambar hewan\ 18. Seni sastra yang berkembang pada awal periode Islam adalah seni sastra yang berasal dari perpaduan sastra pengaruh Hindu-Budha dan sastra Islam yang mendapat pengaruh kebudayaan ....\ A. Persia\ B. Gujarat\ C. Cina\ D. Mesir\ E. India\ 19. Contoh karya sastra di jawa sebagai hasil dari alkulturasi islam-tasawuf dengan konsep jawa-Hindu-Budha adalah ....\ A. Gatotkacasraya\ B. Hikayat Sang Boma\ C. Hikayat Raja-raja Pasai\ D. Hikayat Pandawa\ E. Suluk Minang Sumirang\ 20. Hasil sastra zaman Islam yang merupakan gabahan cerita Mahabarata adalah ....\ A. Kitab Nagarakertagama\ B. Hikayat Pandawa Lima\ C. Kidung Tantu Panggelaran\ D. Hikayat Hang Tuah\ E. Kakawin Gatotkacasraya\

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Corak kehidupan Masyarakat Masa Praaksara

asal usul nenek monyang bangsa Indonesia