paham-paham besar dunia, sosialisme

 

SOSIALISME

 

Paham sosialis merupakan suatu aliran yang digunakan sebagai dasar untuk menentang kepemilikan secara perorangan. Gerakan sosialisme muncul secara pesat di eropa ketika revolusi industri menimbulkan dampak di bidang social. Revolusi industry menimbulkan dampak di bidang social. Revolusi industry melahirkan kelas-kelas social baru, seperti kelas buruh, majikan, dan pemilik modal (capital). Dalam kehidupannya, kelas-kelas tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Di antara kelompok social tersebut, yang paling menderita adalah kaum buruh. Para pemikir sosialisme, mencoba melakukan perubahan pola kehidupan kaum buruh melalui reorganisasi tersebut, akhirnya muncul paham sosialisme, komunis, dan gerakan-gerakan social lainya.



                                                                Gambar : Robet Owen

Istilah sosialisme pertama kali diperkenalkan oleh Robert Owen seorang pengusaha pemintalan di Lanark (Inggris). Walaupun ia seorang kapitalis, namun ia sangat gigih memperjuangkan paham sosialisme. Tokoh-tokoh sosialis lainya adalah Charles Fourir, Karl Marx, dan Federich Engels. Karl Marx yang menyaksikan penderitaan kaum buruh akibat revolusi industry menuangkan gagasannya dalam bukunya yang terkenal yaitu “Das Kapital”. Dalam buku tersebut ia menyatakan bahwa sejarah masyarakat adalah sejarah perjuangkan kelas yang berakhir dengan kemenangan kaum proletar. Kemudian terciptalah masyarakat tanpa kelas (masyarakat sosialis).


                                                        Gambar : Karl Marx


Paham sosislisme muncul setelah terjadinya revolusi industry di inggris. Revolusi industry telah menciptakan ketimpangan kemakmuran antara golongan borjuis (majikan) dan golongan proletar (buruh). Kaum Borjuis berhasil mendapatkan keuntungan yang sangat besar sehingga berada dalam taraf kemakmuran yang tinggi, sedangkan kaum buruh hidup menderita di rumah-rumah kumuh dengan upah rendah. Oleh karena itu, muncul gerakan untuk memperbaiki nasib kaum buruh yang dikenal dengan revolusi Sosial. Dalam perkembangannya terdapat dua jenis sosialisme yang berkembang pesat di dunia, yaitu sosialis-demokratis dan sosialis-komunis. Keduanya memiliki perbedaan dalam cara yang digunakan untuk mencapai masyarakat sosialis. Paham sosialisme-komunis lebih radikal dari pada paham sosialisme demokratis dalam mencapai tujuan.

Sosialisme pada masa penjajahan banyak mendapat simpati dari bangsa-bangsa terjajah. Paham sosialisme dijadikan sebagai salah satu senjata menghadapi kolonilisme dan imperialism bangsa-bangsa eropa. Di negara-negara Asia-Afrika, banyak pemimpin yang tertarik dengan ajaran sosialisme.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

asal usul nenek monyang bangsa Indonesia

Corak kehidupan Masyarakat Masa Praaksara

Manusia Purba