Revolusi besar dunia : revolusi Cina

 1. REVOLUSI CINA 

        Revolusi cina merupakan gejolak politik di cina antara tahun 1911 sampai tahun 1949. tepatnya pada tanggal 10 oktober. bertujuan untuk mengembangkan sisitem pemerintahan dinasti Mnachu yang dianggap sangat sewenang-wenang terhadap rakyat. Revolusi cina juga di sebabkan oleh menigkatnya rasa nasionalisme dan persatuan rakyat , Revolusi ini nantinya mengarah pada aturan Partai Komunis dan pembentukan Republik Rakyat Cina. 

2. LATAR BELAKANG REVOLUSI CINA 



Ketidak mampuan dinasti Ching dalam menangani berbagai peristiwa-peristiwa seperti pemberontakan Boxer di utara Cina, Perang Cina -Jepang pertama, dan Rusia Jepang di Manchuria tahun 1904 menjadikan upaya gerakan revolusi Cina menemukan momentumnya. adanya sebab-sebab terjadinya revolusi Cina adalah sebagai berikut : 

a. Leyapnya kepercayaan rakyat cina terhadap dinasti Manchu. Dinasti Manchu pernah menghantarkan kepada kejayaan cina . Namun setelah kedua kaisarnya , yaitu K'ang Hai dan Ch'ien Lung meninggal, kejayaan cina semakin menurun dan kemakmuran rakyat cina juga merosot. 

b. Pemerintahan Manchu dianggap sebagai pemerintahan yang kolot.

c. Adanya korupsi dan pemborosan yang merajalela, terutama dikalangan istana 

d. Munculnya kalangan intelektual Cina, meraka mengenal paham barat seperti liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.

3. PEMIKIRAN DIBALIK REVOLUSI CINA

    Ide-ide revolusioner dibawa oleh golongan intelek seperti Kang Yu Wei, Liang Chi Chao dan Dr. Sun Yat Sen membawa dampak besar dalam revolusi cina. Dr. Sun Yat Sen mencita-citakan cina yang didsarkan ajaran Sun Min Chu I yaitu :

a. Min T'sen (Nasionalisme) artinya bangsa dan negara, Dengan ajaran ini , Sun yat Sen menginginkan adanya satu bangsa dan datu negara cina sebagai satu kesatuan.

b. Min Chu ( Demokrasi) yaitu pemegang kedaulatan tertinggi dalam negara adalah rakyat. Sun Yat Sen menginginkan pemerintahan ciana yang baru adalah republik yang demokkratis.

c. Min Sheng ( Sosialisme) yaitu penghidupan. Sun Yat Sen cenderung meneriama asas sosisalisme sebagai asa penghidupan . Sosialisme berarti juga kesejahteraan rakyat, seluruh rakyat dapat menerima nafkah serba cukup untuk menyelenggarakan hidupnya yang layak. 

4. PENGARUH REVOLUSI CINA 

    Revolusi Cina secara mendasar memberikan pengaruh pada perubahan bentuk pemerintahan cina dari kekasisaran dinasti Qing atau dinasti Manchu menjadi republik. Revolusi cina memberikan pengaruh pada negara-negara tetangganya untuk mengobarkan rasa nasionalisme. Khususnya negara yang mengalami penjajahan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

asal usul nenek monyang bangsa Indonesia

Corak kehidupan Masyarakat Masa Praaksara

Manusia Purba